10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Yuuk Ketahui Khasiatnya

08 Apr 2021 KESEHATAN
10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Yuuk Ketahui Khasiatnya

Tahukah Anda jika rutin mengonsumsi labu siam rebus bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan? Tidak tanggung-tanggung hanya dengan rajin mengonsumsi labu siam rebus, Anda bisa menikmati 10 manfaat sekaligus.

Bahkan, labu siam rebus disebut-sebut mampu menyehatkan jantung Anda. Ya, labu siam memang sudah tak asing lagi untuk ibu di rumah.

Sebab labu siam bisa diolah menjadi berbagai menu masakan. Mulai dari di tumis hingga menjadi lalapan. Namun, siapa sangka di balik itu semua hanya dengan mengonsumsi labu siam rebus Anda bisa merasakan manfaat yang luar biasa.

Dilansir dari grid.id, 10 manfaat labu siam untuk kesehatan:

1. Bantu Penuhi Kebutuhan Energi Tubuh

Labu siam memiliki kandungan mangan sebanyak 9%, cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh. Anda bisa memulai hari dengan makan omelet labu siam, atau labu siam yang direbus saja.

2. Dapat mencegah kanker

Vitamin C dikenal sebagai salah satu antioksidan yang kuat dan bisa menjaga sel-sel dari kerusakan. Antioksidan akan menangkal radikal bebas sehingga tidak memberi dampak buruk pada tubuh.

Vitamin C juga bisa Anda temukan dalam labu siam, kandungan vitamin C dalam labu siam sebesar 13%.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan folat dalam labu siam sebanyak 23%, selain itu juga ada kandungan vitamin B yang cukup besar.

Kandungan folat dan vitamin B akan membantu mengontrol asam amino dalam darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Makan labu siam bisa membantu menstabilkan asam amino dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

4. Baik untuk Otak

Dalam labu siam juga terdapat vitamin B6 sebanyak 4% yang berguna untuk merangsang kinerja otak Anda.

Kandungan gizi dalam labu siap diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan memaksimalkan fungsi otak yang lainnya. Rutin mengonsumsi labu siam bisa mengurangi sifat pelupa yang Anda miliki.

5. Baik untuk Pencernaan

Labu siam seringkali dijadikan menu diet oleh sebagian besar orang.  Ini karena labu siam kaya akan kandungan vitamin C dan serat yang baik untuk pencernaan dan sangat baik untuk membuang sisa-sisa pencernaan dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K dalam labu siam memiliki peran penting untuk membantu luka berdarah cepat kering dan dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

7. Membantu mencegah Jerawat

Kandungan seng (zinc) dalam labu siam cukup tinggi, yaitu sebesar 5%. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit wajah berjerawat memiliki jumlah seng dalam tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berjerawat.

Mengonsumsi seng dan memenuhi kebutuhan seng dalam tubuh bisa mengurangi jerawat hingga 50%.

8. Menjaga Tiroid Tetap Sehat

Labu siam memiliki kandungan tembaga sebesar 6% dan ini sangat penting dalam membantu iodium dalam menjaga tiroid tetap sehat. Tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, suhu tubuh, denyut jantung, dan metabolisme.

Kekurangan tembaga tidak hanya memengaruhi tiroid, tapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti migrain, alergi, hingga perasaan tidak menentu dan depresi.

9. Membantu mengurangi lelah dan rasa sakit pada kaki

Labu siam memiliki kandungan potasium sebanyak 4%.  Tubuh yang lelah dan kaki yang terasa berat untuk melangkah merupakan tanda-tanda bahwa tubuh sedang kekurangan potasium.  Dengan makan labu siam, kandungan potasium dalam tubuh bisa meningkat.

10. Membantu Mengurangi Risiko Kram Otot

Kandungan magnesium dalam buah ini sebesar 3%. Magnesium baik untuk kesehatan otot. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang kekurangan magnesium akan lebih mudah mengalami kram otot.

Nah.. demkian ulasan manfaat labu siam bagi kesehatan tubuh. Jadi, mulai sekarang jangan ragu mengonsumsi labu siam. ***JR/Won.

 

Editor: Sarwono.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment