RS Jantung Harapan Kita Bersama Medtronic Tingkatkan Layanan Kesehatan Kardiovaskular

10 Des 2023 KESEHATAN
RS Jantung Harapan Kita Bersama  Medtronic  Tingkatkan Layanan Kesehatan Kardiovaskular

Jakarta – Perusahaan teknologi kesehatan global, Medtronic dan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita mengumumkan kolaborasi strategis untuk memajukan layanan dan kemampuan kesehatan kardiovaskular di Indonesia. 

Kolaborasi ini merupakan kali pertama bagi kedua organisasi tersebut dalam meningkatkan akses perawatan kesehatan pasien di Indonesia. Penandatanganan MOU ini dilakukan oleh Dr. Iwan Dakota, Sp.JP(K), MARS, FACC, FESC, Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, dan Fitria Decyana, Country Director, Medtronic Indonesia. 

Kolaborasi antara Medtronic dan Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita bertujuan untuk mempercepat dan memajukan layanan dan kemampuan kesehatan kardiovaskular di seluruh Indonesia. Bentuk kolaborasi ini antara lain melalui pelatihan dan pendidikan, adopsi teknologi baru, serta inovasi jalur klinis.  

Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab utama kematian di Indonesia, menyumbang sekitar sepertiga dari seluruh kematian yang tercatat. Kematian prematur akibat penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke, menempati peringkat tertinggi di wilayah ini. 

Sejalan dengan inisiatif Transformasi Layanan Rujukan Kementerian Kesehatan yang berfokus pada peningkatan kualitas dan akses fasilitas pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia, MOU ini merupakan langkah menuju tujuan tersebut dengan bekerja untuk meningkatkan akses pasien dan meningkatkan kemampuan para profesional kesehatan. 

“Kami yakin bahwa kolaborasi antara RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan Medtronic akan memberikan manfaat yang saling menguntungkan. Kolaborasi ini akan memperluas kemampuan kami dalam menyediakan layanan kardiovaskular yang unggul kepada seluruh pasien sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, Medtronic akan memberikan dukungan yang penting dalam pengembangan pusat-pusat jantung di Indonesia,” kata Dr. Iwan Dakota, Sp.JP(K), MARS, FACC, FESC,Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, dalam siaran pers (08/12/23).

Sebagai Pusat Jantung Nasional, kemitraan strategis dengan Medtronic akan mendukung upaya RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dalam mewujudkan tujuan transformasi kesehatan Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Dukungan yang diberikan oleh Medtronic memfasilitasi pengembangan kapabilitas bagi para profesional kesehatan, terapi terkini, dan keunggulan regional dalam jangka panjang, memastikan bahwa pusat ini tetap menjadi terdepan dalam inovasi dan keunggulan dalam lanskap perawatan kesehatan yang terus berkembang. 

Dengan kehadiran yang mapan di Asia Tenggara, Medtronic siap menjadi penggerak utama dalam pengembangan pusat-pusat jantung terkemuka di seluruh wilayah ini. 

“Kolaborasi ini menandai momen bersejarah bagi Medtronic karena ini adalah MOU pertama kami dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Kami berkomitmen untuk membuka jalan bagi inovasi dalam teknologi perawatan kesehatan kardiovaskular di Indonesia. Kolaborasi ini menunjukkan dukungan kami dalam mengembangkan layanan kesehatan jantung di negara ini," " kata Fitria Decyana, Country Director, Medtronic Indonesia. 

"Kami sangat antusias dengan peluang untuk meningkatkan terapi jantung dan berkontribusi lebih banyak pada perawatan kesehatan pasien kardiovaskular di Indonesia. Bersama-sama, kami yakin akan menciptakan solusi-solusi yang berkelanjutan untuk pasien-pasien ini,” tambahnya.  ***Jurnal Rakyat/Sr.

 

Editor: Sarwono

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment