Subhanallah, Membaca Al Quran Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

27 Apr 2021 Al-Islam
Subhanallah, Membaca Al Quran Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Sebagai muslim sejati pasti tahu dan  paham bahwa Alquran sebagai kitab suci mempunyai berbagai macam keutamaan. Alquran diturunkan ke muka bumi melalui Rosulullah SAW   sebagai petunjuk  dan pedoman hidup dan memberikan solusi untuk seluruh persoalan  kehidupan manusia. Agar hidup selamat baik di dunia maupun di akherat.

Namun tahukah Anda, Ternyata membaca Al-Quran juga bermanfaat bagi kesehatan??

Manfaat membaca Alquran bagi kesehatan, salah satunya dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Sang peneliti yang bernama Dr Ahmed Al-Qadhi menyatakan, membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Fakta ilmiah tersebut juga dikuatkan dengan berbagai riset lain yang dilakukan di seluruh dunia mengenai manfaat membaca Alquran. Berikut rangkuman berbagai manfaat membaca Alquran bagi kesehatan:

Sebuah riset menemukan, membaca Al-Qur`an dengan tartil selama 10 menit, dapat mengurangi nyeri yang dirasakan oleh ibu yang melahirkan lewat operasi Caesar. Demikian menurut hasil penelitian oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) angkatan 2009.

Sebanyak 16 dari 31 pasien wanita yang diambil datanya di Rumah Sakit Nur Hidayah, Yogyakarta, mengaku mengalami penurunan rasa sakit akibat operasi dalam berbagai tingkatan, setelah membaca ayat-ayat suci Al-Qur`an.  Hal ini diduga karena tubuh mendapatkan rangsangan pada saraf lain yang lebih kuat, sehingga dapat mengalahkan nyeri yang dirasakan.

Menurut penelitian itu, ketika membaca, menyuarakan dan mendegarkan ayat al-Qur`an, ada 3 jenis saraf dalam tubuh yang diaktifkan. Hasil penelitian ini dipresentasikan dalam International Conference on Cross Cultural Collaboration in Nursing for Sustainable Development di Bangkok, Thailand, pada 9-10 September 2013 lalu.

Dr. Ahmed Al-Qadhi yang melakukan penelitian di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat mengatakan bahwa membaca atau bahkan hanya mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an saja dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Fakta ilmiah tersebut juga dikuatkan dengan berbagai riset lain yang dilakukan di seluruh dunia mengenai manfaat membaca Alquran. Berikut rangkuman berbagai manfaat membaca Al Quran bagi kesehatan.

Efektif meredakan stres dan kecemasan

Secara langsung, manfaat yang bisa dirasakan saat membaca Al Qur’an adalah adanya ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Al Qur’an menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

Menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung

Lantunan ayat Al Qur’an memberi efek relaksasi bagi mereka yang membaca ataupun mendengarkannya. Hal ini terbukti menjadi solusi yang paling jitu untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung yang sedang tidak stabil.

Proses relaksasi yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga akan menciptakan tekanan darah juga denyut jantung yang stabil.

Meningkatkan daya ingat dan mempertajam konsentrasi

Membaca Al Quran secara otomatis mampu membuat otak lebih fokus sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Selain itu, orang yang rajin membaca Alquran terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik

Oleh karena itu, membiasakan diri membaca Al Qur’an selama 10 hingga 15 menit di pagi hari sebelum memulai aktivitas dapat membantu agar lebih fokus. 

Membantu menghancurkan sel-sel kanker

Lantunan ayat suci Al Qur’an, disebutkan Dr Ahmed Al-Qadhi dari hasil penelitiannya, mampu mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh yang dapat melawan sel-sel kanker. Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Al Qur’an juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus.

Nah, jika sudah paham manfaat  membaca Al-Quran untuk kesehatan,  tunggu apalagi yuuk istiqomah baca Quran, selain mendapat pahala luar biasa juga tubuh kita menjadi sehat.  ***JR/Won.

 

Editor: Sarwono

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment