Wujudkan Salah Satu Pilar Kontribusi Sosial, Astra Life Gelar Program CSR di IKN
Semarak Rangkaian HUT Ke-10

14 Jun 2024 CSR
 Wujudkan Salah Satu Pilar Kontribusi Sosial,  Astra Life Gelar Program CSR di IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN) – PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) yang merupakan bagian dari unit bisnis grup Astra, menggelar sejumlah program Corporate Social Responsibility (CSR) bagi sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) di wilayah
Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Program CSR yang terdiri dari donasi 150 paket peralatan sholat untuk 15 sekolah, kelas literasi keuangan untuk 200 siswa, dan donasi laptop untuk 2 sekolah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-10 Astra Life.

Nico Tahir selaku Presiden Direktur Astra Life mengungkapkan, sebagai rangkaian dari perayaan HUT ke-10 Astra Life, kami percaya bahwa perusahaan tidak hanya berorientasi kepada profit tetapi juga aktif berkontribusi dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

"Sejalan dengan komitmen grup Astra, Astra Life turut bersinergi mendukung IKN sebagai ibukota dengan sumber daya manusia yang memiliki karakter berdasarkan nilai-nilai agama, memiliki kecakapan hidup yang dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan, serta mencintai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata‭ Niko dalam siaran pers (13/06/24).

"Sinergi tersebut kami wujudkan melalui program donasi peralatan sholat, kelas literasi keuangan, dan donasi laptop untuk sejumlah sekolah di IKN. Program ini sekaligus menjadi bagian dari kegiatan HUT ke-10 Astra Life yang telah dimulai pada Bulan Mei lalu," tambahnya.

Sementara itu, Andri Rahadiansyah selaku Area Officer Penajam Paser Utara (PPU), IKN Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR), mengucapkan terima kasih atas kontribusi Astra Life dalam program donasi peralatan sholat dan laptop, serta kelas literasi keuangan sebagai bekal Pilar Akademik yang merupakan salah satu rangkaian dalam Empat Pilar Pembinaan YPA-MDR. Diharapkan program kolaborasi ini menghasilkan generasi muda yang berkarakter baik dan cerdas dalam mengelola keuangan.”

Bertempat di SMKN 1 Penajam Paser Utara, penyerahan donasi 150 paket peralatan sholat untuk 15 sekolah dan laptop untuk 2 sekolah diserahkan secara simbolis oleh Kurniasari S. Pranoto  (Head of Marketing Branding & Corporate Communication Astra Life) dan Widyaningsih  (Head of Syariah Astra Life) serta disambut oleh perwakilan penerima yakni Satoni Solle selaku Kepala SMKN 1 Penajam Paser Utara. 

Setiap paket peralatan sholat terdiri dari sarung, mukena, Al-quran, dan sajadah. Donasi peralatan sholat ini merupakan kelanjutan dari program #LengkapiCintadanKebaikan yang telah berlangsung pada Bulan Ramadan lalu. Tidak hanya itu, donasi laptop untuk 2 sekolah juga dilakukan dengan tujuan untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara e-learning.

“Selamat ulang tahun ke-10 untuk Astra Life, semoga di usia yang semakin matang, Astra Life dapat semakin terus berdampak positif dan bermanfaat bagi kemajuan ekonomi bangsa dan negara," tutur Satoni Solle selaku Kepala SMKN 1 Penajam Paser Utara saat sesi penerimaan donasi secara simbolis.

Selain donasi peralatan sholat dan laptop, pada kesempatan yang sama Astra Life juga menggelar kelas literasi keuangan bagi pelajar SMKN 1 Penajam Paser Utara dan SMKN 5 Penajam Paser Utara dengan total peserta 200 pelajar yang dibagi dalam 4 kelas. 

Untuk mengukur dan menilai sejauh mana pemahaman peserta dalam sesi pematerian, pada penyelenggaraannya juga dilakukan sesi tanya jawab dengan para peserta serta materi pre-test dan post-test. Melalui pelaksanaan literasi keuangan ini, Astra Life berharap dapat membantu para peserta untuk lebih memahami pentingnya pengelolaan finansial. Program literasi keuangan ini juga sejalan dengan program edukasi yang dicanangkan regulator, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Astra Life berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan kepada masyarakat dan lingkungan demi generasi mendatang dan masa depan Indonesia yang lebih baik, sesuai dengan semangat kami, Love Life, Love Indonesia.” tutup Nico.

Astra Life berkolaborasi bersama YPA-MDR untuk mewujudkan salah satu Pilar Kontribusi Sosial Astra, yaitu Astra Untuk Indonesia Cerdas. Saat ini, YPA-MDR membina 152 sekolah negeri yang tersebar di 8 provinsi dan 16 kabupaten terdiri dari 107 SD, 30 SMP, dan 15 SMK yang
menjangkau lebih dari 2,500 guru serta 34,700 siswa.

 YPA-MDR berperan aktif sebagai agent of change dan agent of development dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dengan membantu pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah serta penyediaan sarana prasarana sekolah sesuai Standar Mutu Pendidikan Nasional.          ***JR/Ono.

 

Editor: Sarwono




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment