Daftar 5 Universitas Perusahaan Plat Merah, Lulusannya Berkiprah di BUMN

03 Jun 2024 Pendidikan
Daftar 5 Universitas Perusahaan Plat Merah, Lulusannya Berkiprah di BUMN

Jakarta - Meniti karir di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih banyak diminati, karena dianggap menjanjikan dan prestisius. Menurut Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, pada Rekrutmen Bersama BUMN 2023, sebanyak 2 juta orang mendaftar untuk memperebutkan 2.000 posisi yang tersedia.

Sengitnya persaingan bekerja di perusahaan negara, menuntut kandidat untuk memiliki kesiapan yang matang. Penyiapan sejak perguruan tinggi, juga mempengaruhi tingkat keberhasilan kandidat. Perguruan tinggi yang dinaungi BUMN, membuka peluang lebih bagi mahasiswanya mengembangkan skill dan beradaptasi dalam lingkup BUMN.

Berikut deretan 5 perguruan tinggi aliansi BUMN, yang alumninya berkarir di perusahaan plat merah:

1. Universitas Pertamina (UPER)

UPER berdiri sejak tahun 2016 dibawah naungan PT Pertamina (Persero) yang berlokasi di Jakarta Selatan. Kampus ini berfokus di bidang bisnis dan teknologi berorientasi energi. Tak heran, meski tidak memiliki ikatan dinas, banyak lulusannya berhasil tembus di Pertamina grup.

Memiliki 6 fakultas dan 15 program studi dengan akreditasi Unggul dan Baik Sekali, kurikulum di UPER dirancang untuk menghasilkan lulusan yang 'link and match' dengan kebutuhan industri. Mengusung beragam peminatan diantaranya bidang energi baru terbarukan, artificial intelligence dan sustainability, membuat hampir 200 alumninya menduduki berbagai posisi di Pertamina Grup.

Sebut saja Firdaus Jihad Mu'arif. Alumni Teknik Mesin UPER angkatan 2018, kini meniti karir di PT Pertamina Hulu Energi (Subholding Upstream). Jihad ditempatkan pada Fungsi Reliability, Availability, Maintainability (RAM), sebagai Sr. Technician Rotating.

“Saya masuk melalui jalur College Shopping atau dikenal dengan BPS (Bimbingan Profesi Sarjana). Banyak seleksi yang saya lalui, mulai dari seleksi kelengkapan berkas, online assessment, wawancara dan medical check up, hingga akhirnya lolos dan dilakukan yudisium. Dukungan kampus berperan besar dalam menyiapkan saya berkompetisi di rekrutmen Pertamina, melatih keterampilan hingga membentuk cara berpikir,” jelas Jihad.

Tumbuh dalam bagian Pertamina Grup, memberi kesempatan bagi para lulusan untuk dapat berkarir di perusahaan minyak dan gas nasional tersebut melalui program Lulusan Merah Putih. “Program Lulusan Merah Putih menyiapkan lulusan terbaik untuk membangun karir di Pertamina grup. Dimentori oleh pekerja Pertamina, 100 talenta lulusan terbaik UPER berkompetisi merebutkan 45 posisi di Pertamina grup,” jelas Rektor UPER, Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir, MS.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik, dapat mengakses informasi selengkapnya melalui https://pmb.universitaspertamina.ac.id/ 

2. Telkom University (Tel-U)

Telkom University berada dibawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia. Berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini fokus dalam bidang teknologi informasi, teknik, manajemen dan kewirausahaan. Dengan total 7 fakultas dan 52 program studi, Tel-U menyediakan Program Doktoral, Magister, Sarjana, Sarjana Terapan, dan Diploma.  

Alumni Tel-U yang berjumlah sekitar 52.000 yang tersebar di 85 negara, bekerja di berbagai bidang telekomunikasi dan lain-lain. Memiliki kedekatan dengan Telkomsel, Tel-U membuka peluang beasiswa ikatan dinas Telkomsel yang dapat menyediakan tiga program studi yaitu S1 Informatika, S1 Sistem Informasi dan S1 Desain Komunikasi Visual. 

3. Institut Teknologi PLN (ITPLN)

ITPLN berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN atau YPK PLN. Institut ini memiliki 4 Fakultas dan 13 program studi. Tujuan utama didirikannya, yakni untuk mengasah keterampilan generasi penerus dalam bidang kelistrikan bersama dengan para pakar dan teknisi yang ahli di bidangnya.

Mahasiswa dan dosen ITPLN diberikan kesempatan untuk melakukan penelitian di Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat). Selain itu, PT PLN (Persero) bekerjasama dengan ITPLN dalam program ikatan kerja, dimana bagi 50 lulusan terbaik ITPLN jenjang S1 memiliki kesempatan berkarir di PLN Group.

4. Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute) 

BRI Institute didirikan oleh Yayasan Brilian Indonesia Gemilang (YBIG) yang berafiliasi dengan BRI, berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Institut ini menyediakan 6 program studi berdasarkan kecirian bisnis dan keuangan. Berdirinya BRI Institute diharapkan dapat mencetak lulusan yang unggul dan siap pakai di bisnis industri keuangan yang digeluti dan dikuasai oleh BRI Group.

Bank BRI memiliki lebih dari 30 anak perusahaan dengan 60 divisi yang tersedia. Walaupun tidak memiliki ikatan dinas, namun dengan dukungan tersebut diharapkan dapat membantu lulusan BRI Institute untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan.

5. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG)

STIMLOG berlokasi di Kota Bandung yang didirikan oleh PT Pos Indonesia. Berfokus pada keilmuan bidang Logistik, Manajemen Rantai Pasok, E-Commerce, dan Bisnis yang terintegrasi di tingkat global. Serta ingin menjadi perguruan tinggi yang unggul dan bereputasi tinggi dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang manajemen logistik dan transportasi dalam sistem rantai pasok.

Bagi lulusan STIMLOG memiliki berkesempatan untuk langsung bekerja di PT Pos Indonesia (Persero). Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi siswa/i SMA-sederajat dalam memilih perguruan tinggi.         ***(JR/Sar).

 

Editor: Sarwono




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment