IIMS Surabaya 2024: Pameran Otomotif Spektakuler dan Penuh Hiburan

03 Jun 2024 Otomotif
IIMS Surabaya 2024: Pameran Otomotif Spektakuler dan Penuh Hiburan

Surabaya – Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2024 resmi ditutup hari ini (2/6) setelah lima hari yang penuh kemeriahan, pameran ini mencatat kenaikan jumlah pengunjung yang signifikan sebanyak 10%  dibandingkan tahun 2023. Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap industri otomotif.

IIMS Surabaya 2024 menjadi bukti nyata kolaborasi kuat antara pelaku bisnis, konsumen, komunitas, dan pemangku kebijakan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Berbagai program kemudahan transaksi dan promo menarik, termasuk subsidi untuk kendaraan listrik, menarik minat pengunjung untuk melakukan pembelian.

Sebagai penyemangat eksisnya ekosistem dunia otomotif, IIMS Surabaya 2024 menggandeng komunitas-komunitas berpartisipasi dalam rangkaian acara. Otomotif bertalian erat dengan komunitas klub-klub mobil maupun motor. 

Kali ini IIMS Surabaya melaksanakan Fun Rally. IIMS Fun Rally adalah kegiatan rally keliling kota Surabaya. Dalam rutenya, disediakan beberapa pos di berbagai area dan di pos-pos inilah peserta diberikan tantangan, untuk bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Rally dimulai dari Grand City Convex dan juga berakhir di sini. 

Lain halnya program kompetisi seru di lini anak-anak, yaitu IIMS Push Bike Race. Kompetisi khusus anak-anak tersebut adalah ajang balap sepeda anak tanpa pedal dan juga rem. Peserta diharuskan mengendarai sepedanya dengan mendorong sebagai ganti kayuhan. Peserta diberikan kesempatan melakukan latihan bersama. Dan kompetisi diadakan di weekend saat IIMS Surabaya 2024. 

IIMS Surabaya 2024, hadir dengan program kompetisi yang mampu menumbuhkan sportifitas, sebagai sarana menampung bakat dan juga perkembangan teknologi otomotif. Hal itu dikemas dalam kejuaraaan Auto Slalom. Ajang balap dengan gabungan dari drifting, slalom dan bermacam gaya manuver di tikungan. 

Tentunya peserta diharuskan melewati jalur dengan rintangan sehingga membutuhkan skill mengemudi tertentu. Auto slalom dilaksanakan Sabtu, 1 Juni 2024, di area outdoor Grand City Surabaya. Pada kesempatan kali ini, Walikota Surabaya, Eri Cahyadi menyampaikan apresiasinya “Kegiatan-kegiatan seperti ini (Auto Slalom) dapat terus mengembangkan talenta anak muda.”, ujarnya saat meninjau dan menyaksikan ruang pameran IIM Surabaya.

Auto Slalom IIMS Surabaya sendiri merebutkan Piala Walikota Surabaya dan juga uang tunai, dengan total hadiah sebesar kurang lebih 10 juta rupiah dalam beberapa kategori. Peserta yang mencatatkan waktu tercepat dan mampu melintasi rintangan yang sudah disiapkan, menjadi pemenangnya. 

Dari peserta yang mengikuti race Auto Slalom, nampak antusiasme dari pecinta dunia balap ini. Kompetisi yang dimulai dari pagi hingga menjelang sore, di area outdoor pameran, mencatatkan sebagai pemenangnya antara lain Di Kelas F, dijuarai oleh Addyek RG dengan catatan waktu 00:31.302, disusul tempat kedua dan ketiga Alief Rendy dan Tori Utomo. Selanjutnya Kelas A – Umum dimenangkan tiga teratas oleh Auddy RG, Addyek RG, Tori Utomo.

Berlanjut untuk kelas A1, pemenangnya adalah Auddy RG dengan waktu 01:06.53, kemudian Putu Indra mecatat durasi 01:10.43, dan ketiga Rafie Daffa torehan waktunya adalah 01:13.29

Pada kelas A2, tempat pertama disabet oleh Tori Utomo, kedua Toti Utomo dan tempat ketiga oleh Toni Utomo

Untuk kelas A3, yang diikuti oleh 20 peserta berhasil dijuarai oleh Romy Trianata dengan waktu 01:07.44, Alief Rendy meraih waktu 01:08.08, dan Addyek RG 01:10.35

Kompetisi selanjutnya adalah kategori non seeded, dengan peraih tiga teratas adalah Toti Utomo, Shaquille dan Firman FI.

Untuk kategori U23, pemenangnya berurutan adalah Alief Rendy teratas, disusul Toti Utomo meraih posisi kedua dan Shaquille di posisi ketiga

Auto slalom kesempatan kali ini juga mengkompetisikan kelas khusus pembalap wanita. Di kategori Wanita, berhasil dipimpin dengan perolehan waktu tercepat 01:13.37 oleh Febriana, selanjutnya catatan waktu 01:30.39 diraih Nashwafarenza dan ketiga Brennadiva dengan waktu 01:30.47.

Atraksi dan penampilan pembalap-pembalap slalom di sirkuit, menyita perhatian pengunjung dengan manuver dan suara decit ban baradu di lintasan. Digawangi oleh Dyandra Promosindo dan IMI Jawa Timur, pelaksanaan auto slalom diharapkan mampu menumbuhkan sportifitas dan memupuk kompetisi yang sehat.

Rudi MF Project Manager IIMS 2024 menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya ke berbagai pihak yang mendukung IIMS Surabaya 2024 “Sukses besar IIMS Surabaya 2024 ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi luar biasa dari berbagai pihak. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta pameran, sponsor, komunitas otomotif, media, dan tentunya seluruh pengunjung yang telah hadir dan memeriahkan acara ini. “ ujarnya

Tanpa dukungan dan antusiasme semua pihak, IIMS Surabaya 2024 tidak akan mungkin berjalan semeriah dan sukses seperti ini. IIMS Surabaya 2024 telah menjadi bukti nyata bahwa industri otomotif Indonesia terus berkembang dan berinovasi. “Saya yakin dengan semangat kolaborasi dan sinergi yang solid, IIMS Surabaya akan terus menjadi platform yang ideal untuk showcasing kemajuan industri otomotif Indonesia dan memberikan pengalaman terbaik bagi para pecinta otomotif di seluruh Indonesia.” sambung Rudi

Di pemuncak rangkaian IIMS Surabaya 2024, disuguhkan IIMS Infnite Live yang sengaja disimpan, menjadi penutup mengesankan. Alunan musik dan lirik syahdu Yura Yunita lewat Dunia Tipu-Tipu, Tutur Batin, Cinta Dan Rahasia menyulap penonton konser bagai grup paduan suara. 

Sederatan tembang-tembang indah, membawa pengunjung terlepas sejenak dari cuaca hangat, menggantinya dengan kesan menyejukkan. Kesan yang memang didesain sebagai ajang family friendly dari gelar pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2024.

Kesuksesan penyelenggaraan IIMS Surabaya 2024 oleh Dyandra Promosindo berkat partisipasi aktif seluruh pengunjung dan para peserta IIMS Surabaya 2024. Terima kasih kepada MUFG dan Danamon sebagai Official Bank Partner,Adira Finance sebagai Official Multifinance Partner, PLN sebagai sponsor, Momobil.id dan Momotor.id sebagai Official Trade-in Partner, Didukung oleh Suryanation,  seluruh Agen Pemegang Merek (APM) terlibat, seluruh industri UMKM otomotif tanah air dan komunitas yang meramaikan.

Kerjasama dan kolaborasi yang solid dari seluruh pihak inilah yang menjadi kunci utama kesuksesan IIMS Surabaya 2024. Pameran ini tidak hanya menjadi ajang pameran otomotif, tetapi juga menjadi platform untuk mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia dan memberikan pengalaman terbaik bagi para pecinta otomotif.

Petualangan otomotif di IIMS Surabaya 2024 telah usai. Tapi jangan khawatir, masih banyak kejutan seru yang menanti di IIMS Surabaya 2025! Untuk tetap terhubung dengan IIMS, Kunjungi situs resmi: https://indonesianmotorshow.com/ dan jangan lupa ikuti akun media sosial IIMS Instagram: @iims_id @iims_sub @iimsinfinitelive

Sampai jumpa pada rangkaian penyelenggaraan mendatang, yakni IIMS Jakarta yang akan berlangsung pada 14-24 Februari 2025 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. DanIIMS Surabaya pada 28 Mei - 1 Juni 2025 di Grand City Surabaya. Siapkan diri Anda untuk menyelami dunia otomotif yang lebih spektakuler!            ***JR/Ono.

 

Editor: Sarwono




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment