Kades Bangka Arus Diduga Selewengkan Dana Bantuan Covid-19, Ini Kata Kadis PMD Matim

08 Apr 2021 DAERAH
Kades Bangka Arus Diduga Selewengkan Dana Bantuan Covid-19, Ini Kata Kadis PMD Matim

Kepala Desa Bangka Arus, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur, Eduardus Syariman Jehani (ESJ), diduga menyelewengkan dana bantuan penanganan Covid-19 tahap III tahun 2020.

Pasalnya, hingga saat ini Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tersebut belum dibagikan kepada KPM, untuk dua bulan terakhir tahap III tahun 2020.

Total dana yang diselewengkan mencapai Rp. 118.800.000,- dengan jumlah KPM 198 orang.

Ketika ditanyai melalui pesan pribadi per 21 Februari 2021, Ade Jehani (sapaan Kepala Desa Bangka Arus) mengakui uang tersebut masih dipinjam pihak lain dan pasti akan dibagikan.

Sementara itu, berdasarkan Permenkeu No.50/PMK.07/2020, bantuan tersebut seharusnya dibagikan per Oktober hingga Desember 2020.

"Saya pernah bilang tempo hari bahwa yang namanya BLT pasti di bagikan. Memang saya pernah janji untuk secepatnya. Sampai sekarang pun saya masih mengusahakan supaya selekasnya, hanya saja pihak yg meminjamkan uang masih janji sabar-sabar," jelasnya. 

"Saya sudah dipanggil oleh dinas PMD minggu lalu, berdasarkan aduan masyarakat Bangka Arus yg mana, tidak tahu persis, saya akan caritau itu!," kata Ade Jehani.

Ketika ditanyai siapa pihak yang meminjam dana tersebut, sang Kades tidak menjawabnya.

Menanggai persoalan yang kian santer diberitakan tersebut, Dinas PMD Manggarai Timur turun tangan. Ketika ditanya jurnalis Jurnal Rakyat, Kadis PMD, Yos Durahi mengatakan uang tersebut akan segera dibagikan.

"Hari ini kades Bangka Arus sudah menyatakan bayar BLT 198 penerima manfaat untuk dibayar pada hari selasa 13 april 2021. Saat pembayaran akan disaksikan oleh camat Lamba Leda Timur, BPD dan perangkat desa Bangka Arus", jelas Yos Durahi melalui pesan WhatsApp. ***JR/Drw/Koresponden NTT.

 

Editor: Sarwono.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment