Literasi Digital Sulawesi 2021 Jaga Data Pribadi-Transaksi Daring Terlindungi

30 Sep 2021 Pendidikan
Literasi Digital Sulawesi 2021  Jaga Data Pribadi-Transaksi Daring Terlindungi

Tana Toraja – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” kembali dilaksanakan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, secara virtual (30/09/21). Kegiatan dengan tema “Lindungi Transaksi Jangan Sampai Dicuri” ini diikuti oleh 733 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi.

Program Literasi Digital diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Dipandu moderator, Noni Erni, program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari dosen dan praktisi digital, Komang Aryasa; pendiri GotoSovie, Ewindha Sari; pendiri dan CEO @MallSampah, Adi Saifullah Putra; serta Google News Initiative Training Network, Sunarti Sain.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Kemudian, Komang Aryasa tampil membuka sesi materi dengan paparan bertema “Kenal dan Tips Memilih Aplikasi Dompet Digital Terpercaya”.

Menurut Komang, perkembangan teknologi informasi, e-dagang, perangkat seluler, dan peningkatan keamanan, akan meningkatkan transaksi melalui dompet digital. “Gunakan dompet digital sesuai kebutuhan, cermat bertransaksi, batasi saldo, dan monitor pengeluaran secara berkala,” pesan dia.

Berikutnya, Erwindha menyampaikan materi etika digital berjudul “Etika Transaksi Digital”. Ia mengatakan, pembayaran nontunai lewat mobile banking atau perangkat transaksi virtual lainnya kian diminati karena mudah, fleksibel, aman dan hemat.

“Saat bertransaksi, jangan lupa terapkan etika transaksi digital, yakni tak melanggar kesusilaan, tidak ada unsur perjudian, ancaman, dan kerugian antar personal,” tuturnya.

Sebagai pemateri ketiga, Adi membawakan tema budaya digital tentang “Cara dan Legalitas Bayar Tagihan Daring”. Menurut dia, untuk membayar tagihan secara daring, pastikan kita telah memiliki akun m-banking, uang elektronik, ataupun dompet digital.

Selanjutnya, login ke akun tersebut lalu pilih jenis tagihan, masukkan kode transaksi atau identitas pengguna, jumlah tagihan dan kata sandi. “Simpan bukti pembayaran digital sebagai bukti transaksi yang sah secara hukum,” pungkasnya.

Adapun Sunarti, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema keamanan digital mengenai “Fungsi Keamanan dari PIN, Kata Sandi, Verifikasi Dua Langkah dan OTP”. Ia mengatakan, kejahatan penipuan siber yang meningkat selama pandemi tak lepas dari kian maraknya penggunaan transaksi digital masyarakat yang tidak diimbangi kesadaran mengamankan data.

Karenanya, penting untuk memahami penggunaan PIN, OTP, dan berbagai fitur keamanan digital lain. “Jangan mudah percaya nomor asing, rahasiakan OTP, perkuat kata sandi, selalu cek aktivitas di aplikasi, dan jangan berikan akses nomor telepon ke sembarang orang,” tegasnya.

Setelah sesi pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Noni Arnee. Dalam kesempatan tersebut, para peserta dipersilahkan mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Sebagai apresiasi, panitia menyediakan hadiah bagi 10 penanya beruntung berupa uang elektronik senilai masing-masing Rp100.00.

Salah satu pertanyaan menarik peserta diantaranya tentang aspek apa yang harus diperhatikan dalam memilih dompet digital yang aman. Narasumber mengimbau agar pengguna memastikan legalitas aplikasi tersebut, pahami seluruh syarat dan ketentuannya, serta jaga kerahasiaan PIN.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, bisa mengakses https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.  ***JR/SR.

 

Editor: Sarwono




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment