Literasi Digital Sulawesi 2021, Perkaya Wawasan Kebangsaan Melalui Media Digital

07 Sep 2021 Nasional
Literasi Digital Sulawesi 2021, Perkaya Wawasan Kebangsaan Melalui Media Digital

Gowa - Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 7 September 2021 di Gowa, Sulawesi Selatan. 

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Menjadi Masyarakat Pancasila di Era Digital”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari dosen Politeknik LP3I Makassar, Ahmad Firdaus; akademisi & Pembina JSMI Jatim, Meithiana Indrasari; dosen Hukum UMI Makassar, Muhammad Fachri Said; serta kreator konten, Eryvia Maronie.

 Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Digital Enthusiast, Desy Indira. Kegiatan yang kembali digelar di Gowa ini diikuti oleh 648 peserta.  Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. 

“Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden. 

Pemateri pertama adalah Meithiana Indrasari yang membawakan tema “Indahnya Media Sosial”. Menurut dia, pada zaman sekarang ini para pengguna media sosial (medsos) bisa mudah berpartisipasi, berbagi, maupun menciptakan konten. 

“Media sosial memudahkan untuk berinteraksi dengan banyak orang dan menyebarkan informasi secara cepat,” katanya. 

Berikutnya, Eryvia Maronie menyampaikan materi berjudul “Ketahui Aturan Berinteraksi di Dunia Digital”. Dia mengatakan, dalam bermedia sosial, pengguna harus beraktivitas yang memberi manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Misalnya, menyebarkan konten positif dan kreatif, membagikan informasi secara menarik melalui infografis, komik, dan lainnya. 

Sebagai pemateri ketiga, Muhammad Fachri Said membawakan tema tentang “Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan”.

Dia menyampaikan, masyarakat hendaknya menambah pemahaman tentang wawasan kebangsaan dengan baik dan berkala melalui banyak membaca dan memperbarui info terkini. Internet dan media digital juga bisa menjadi sumber informasi yang memperkaya wawasan kebangsaaan. 

“Kita harus mengenal sejarah dan budaya bangsa sendiri serta mendalami Pancasila sebagai ideologi negara,” tuturnya. 

Adapun Ahmad Firdaus, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema mengenai “Digital Safety : Pentingnya Memahami Fitur Keamanan Digital untuk Melindungi Privasi dan Keamanan Data”.

Dia mengingatkan, ancaman di dunia terus berkembang, sehingga perlindungan keamanan diri harus terus dilakukan. Di samping itu, kesadaran menjaga data pribadi dan mendeteksi upaya penipuan harus terus diasah. 

Usai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut beragam pertanyaan menarik dari para peserta. Panitia memberikan uang elektronik senilai Rp100.000 bagi 10 penanya terpilih. 

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. 

“Aspek apa yang bisa diterapkan untuk meningkatkan wawasan digital kebangsaan?” tanya Nikita Rosmini, salah satu peserta. Muhammad Fachri Said mengatakan, sejarah budaya yang sudah dipelajari di sekolah sebaiknya dikuatkan lagi dengan menambah referensi bacaan. “Kita harus memiliki dasar yang kuat untuk menerima dan menyaring informasi yang diterima,” imbuhnya. 

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.  ***JR/Sr.

Editor: Sarwono.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment