Literasi Digital Sulawesi 2021, Tingkatkan Keamanan Akun agar Tenang Berinternet

13 Sep 2021 Pendidikan
Literasi Digital Sulawesi 2021, Tingkatkan Keamanan Akun agar Tenang Berinternet

GORONTALO - Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 13 September 2021 di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Tips dan Trik Melindungi Data Pribadi”.

Program kali ini menghadirkan 488 peserta dan empat narasumber yaitu:  Dosen Universitas Telkom & Japelidi Clara Novita Anggrainy; Pemengaruh & Digital Strategist Yusran Darmawan; Asisten Ombudsman Perwakilan Sulawesi Selatan Hasrul Eka Putra; dan Cek Fakta Tempo Budhy Nurgianto.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Desi Dwi Jayanti dari Katadata. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa.

“Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama adalah Clara Novita Anggrainy yang membawakan tema “Media Sosial: Informasi, Identitas & Jejak Digital”. Menurut dia, di media sosial kita bisa menampilkan identitas maupun informasi yang bisa dibagi dengan pengguna lain. Perlu diingat, pastikan informasi yang hendak kita sebar bukanlah berita bohong, disinformasi, misinformasi, atau malinformasi.

Berikutnya, Yusran Darmawan menyampaikan materi berjudul “Merawat Rumah Digital”. Ia mengatakan, media sosial dan internet seperti pisau Swiss (bermata ganda), punya sisi positif dan sisi negatif.

Kontrol diri penting untuk diterapkan dalam berinternet agar terhindar dampak negatif yang ditimbulkan. Etika digital juga harus dipahami untuk membangun kehidupan digital yang saling menghargai, tenggang rasa dan harmonis.

Sebagai pemateri ketiga, Hasrul Eka Putra membawakan tema “Mengenal Lebih Jauh UU ITE dan Perlindungan Data Pribadi”. Menurut dia, ISP (Internet Service Provider) pertama digunakan di Indonesia pada 1994 kian meluas sebagai media kekuatan peruntuh Orde Baru di 1996-1998.

Selanjutnya terbitlah UU No 36/1999 tentang Telekomunikasi hingga muncul UU No 11/2008 tentang ITE dan revisinya pada 28 November 2018. Sementara untuk perlindungan data pribadi masih rentan terjadi kebocoran, pengaturannya masih sebatas Peraturan Menteri.

Adapun Budhy Nurgianto menyampaikan tema mengenai “Waspada Kejahatan Pengelabuan”. Ia mengatakan, salah satu kejahatan digital yang sering terjadi dan perlu diwaspadai adalah pengelabuan.

Untuk menghindarinya, perbaruilah perangkat lunak dan antivirus, perkuat kata sandi, gunakan autentikasi dua langkah, aplikasi resmi waspada dengan tautan dari sumber tak jelas serta jangan lupa mem-backup data.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Salah satu pertanyaan menarik peserta diantaranya tentang bagaimana mengamankan dompet digital untuk melindungi transaksi digital kita. Narasumber menjelaskan bahwa pastikan kita bertransaksi dengan orang/pihak yang tepat/kredibel dan gunakan dompet digital dengan penuh kehati-hatian.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.  ***JR/SR.

 

Editor: Sarwono

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment