Masya Allah, Mushaf Al Quran di Masjid Al Muhtarom Pekalongan Terbuat dari 14 Ton Marmer

17 Apr 2021 Al-Islam
Masya Allah, Mushaf Al Quran di Masjid Al Muhtarom Pekalongan Terbuat dari 14 Ton Marmer

Mushaf Al Quran berbahan marmer di Masjid Al Muhtarom Kabupaten Pekalongan sangat indah dan menarik perhatian. Mushaf kitab suci umat Islam ini, dibuat manual oleh seorang perajin kaligrafi sejak 2011 dan kini sudah menghasilkan 12 juz. 

Al Quran berbahan marmer terlihat sangat indah  dan unik. Sehingga menjadi perhatian bagi jamaah serta masyarakat yang datang. Goresan di atas batu marmer terlihat rapi dan tulisannya indah serta mudah dibaca. Untuk memperjelas khoth atau tulisan, diberikan warna emas pada sela goresan. 

Karya seni Al- Quran ini dibuat oleh Nur Hidayat Siba atau biasa dipanggil Kang Dayat, perajin pahat kaligrafi di Kajen Pekalongan. Proses pembuatan baru sampai 12 juz dari total 30 juz. Salah satu kendalanya adalah bahan baku dan biaya.

Al- Quran dari lembaran batuan marmer, ukurannya 60x90 sentimeter dengan ketebalan rata-rata sekitar 2 sentimeter. Marmer yang digunakan kualitas bagus, didatangkan dari Italia dan sebagian juga dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Tulungagung dan Makassar.

“Membuat lembaran Al-Quran dengan batu marmer alami seperti karya seni yang lainnya, tergantung mood atau suasana hati,” kata Nur Hidayat Siba.

Membuat Al- Quran marmer, per lembarnya biaya sekitar Rp2,1 juta jika bahannya impor dari Italia. Namun jika dari dalam negeri, biayanya Rp1,7 juta. Jika ditotal, membuat 30 juz Al Quran marmer menelan biaya sekitar Rp1,5 miliar. 

Bagi alumni Pondok Pesantren Al Muayyad Solo, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut, Al Quran marmer diharapkan menjadi salah satu karya monumental dirinya sebagai umat Islam. Selain itu juga bisa menjadi ikon wisata religi bagi Pekalongan mendapat julukan Kota Santri. ***JR/Won

 

Editor: Sarwono




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment