Menristek/Kepala Brin Serahkan Penghargaan kepada Pemenang Science Studio 2020
Kreativitas Iptek Anak-anak Indonesia yang digelar PP-IPTEK

12 Okt 2020 Iptek
Menristek/Kepala Brin Serahkan Penghargaan kepada Pemenang Science Studio 2020

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro menyerahkan penghargaan kepada 6 (enam) pemenang  kegiatan Science Studio 2020, secara tatap muka di Gedung BPPT 2 Lt. 24 Jl. Mh. Thamrin Jakarta, Senin (12/10/2020).

Science Studio merupakan kegiatan kreativitas iptek anak-anak Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kemenristek/BRIN sebagai wahana pembuadayaan iptek masyarakat dalam upaya memelihara semangat dan meningkatkan gairah generasi muda Indonesia dalam berkreasi dan berinovasi iptek sejak dini. 

Selain itu, Science Studio mengajak generasi muda, yakni pelajar untuk berperan aktif dalam mengkampanyekan isu-isu iptek global melalui kreativitas dan inovasi menuju SDM unggul dan mendukung kemajuan iptek di Indonesia.

Science Studio telah diselenggarakan oleh PP-IPTEK di 9 provinsi (DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur)  secara daring sejak bulan Mei  Agustus 2020.

PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia mengajak 8 science center daerah (SCD) lainnya untuk berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Science Studio secara bersama dengan mengusung 2 kegiatan, yakni Lomba Doodle Art Science Contest bagi siswa SD kelas 4-6 denga tema Me vs Covid-19 dan Lomba Photography Contest  bagi siswa SMP kelas 1-3 dengan tema Science and Food Behind Beverages Wilayah SCD yang menyelenggarakan Science Studio.

Di antaranya PP-IPTEK Jakarta (Doodle Art Science 9-22 Mei 2020 & Photography Contest 15 -26 Juni 2020); Riau Science Center, 15 Juni  14 Juli 2020; Jawa Tengah Science Center, 21 Juni  21 Juli 2020; Science Center Makassar - Sulawesi Selatan, 21 Juni  21 Juli 2020; Jatim Park 1 Science Center Malang - Jawa Timur, 29 Juni  28 Juli; Science Center Sumatera Barat, 3 Juli  4 Agustus 2020; Lampung Science Center, 2 Juli  10 Agustus 2020; Mamuli Science Center Kupang - Nusa Tenggara Timur, 7 Juli  8 Agustus 2020; dan Pusat Bahasa dan Iptek Pontianak - Kalimantan Barat,11 Juli  12 Agustus 2020 dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 1.054 orang.

Sebagai apresiasi terhadap para pemenang lomba, PP-IPTEK memberikan penghargaan berupa piala, uang tunai dan piagam penghargaan kepada para masing-masing Pemenang 1, 2, 3, Harapan 1, 2, dan 3 kegiatan Doodle Art Science Contest dan Photography Contest.

Untuk lebih memberikan kebanggaan tersendiri kepada para pelajar serta memberikan suntikan motivasi yang sangat besar untuk tetap giat belajar sains, diserahkan penghargaan secara simbolik oleh Menristek/Kepala BRIN kepada seluruh pemenang yang akan diwakili oleh 6 (enam) pemenang lomba Doodle Art Science Contest dan Photography Contest yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK, Jakarta. 

Ke-6 pemenang yang menerima piala secara langsung oleh Menristek/Kepala BRIN, yakni: 

Pemenang Doodle Art Science Contest:

Juara I, Michelle Fiona dari SD Penabur X Jakarta
Juara II, Agatha Charlotte Azali dari SD Bunda Hati Kudus Jakarta
Juara III, Franceska dari SD Marsudirini Jakarta 

Pemenang Photography Contest:

Juara II, Evan Arva Danendra dari SMPI Al Azhar 29 BSB Semarang
Juara Harapan II, Angel Anlee dari SMP Tarakanita 2 Jakarta
Juara Harapan III, Ivana Veni Nesya dari SMPN 3 Tangerang Selatan

Sedangkan Pemenang Lomba Photography Contest lainnya adalah:

Juara I, Ryan Surya Saputra dari SMP Raudlatul Jannah Sidoarjo
Juara III, Perwita Alya Zafirah dari SMPN 250 Jakarta
Juara Harapan I, Hasya Zakwa Sjachriar dari SMPN 3 Rancaekek Bandung

Selain penyerahan piala penghargaan oleh Menristek/Kepala BRIN kepada perwakilan 6 pemenang, diserahkan juga hasil karya Doodle Art dari pemenang I yakni Michelle Fiona kepada Menristek/Kepala BRIN yang diwakilkan oleh Direktur PP-IPTEK, M. Syachrial Annas.

Penyerahan penghargaan pemenang Science Studio ini, selain dilakukan secara langsung/tatap muka, juga dilakukan secara virtual dan live streaming yang dihadiri oleh para pemenang dari 8 provinsi lainnya dan perwakilan pengelola dari 8 science center daerah sebagai penyelenggara Science Studio di wilayahnya masing-masing.

PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu wahana pembelajaran Iptek bagi masyarakat, khususnya generasi muda memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara. 

Berbagai kegiatan disajikan oleh PP-IPTEK kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pengetahuan Iptek masyarakat, khususnya generasi muda selama beraktivitas di rumah.

Selain Doodle Art Science Contest 2020 dan Photography Contest 2020, PP-IPTEK rencananya akan mengadakan kegiatan lainnya, seperti dalam waktu dekat ini adalah Lomba Poster Sains Nasional bidang Antarikasa sebagai seleksi menuju Asia Pasific Regional Space Agency Forum (APRSAF) Poster Contest 2020 yang akan diselenggarakan secara daring tanggal 16 Oktober 2020. 

Selain itu, PP-IPTEK dalam mempersiapkan kehidupan normal baru di masa pandemi Covid-19 akan meresmikan sebuah aplikasi PP-IPTEK Virtual Tour yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat agar tetap bisa belajar iptek dari jauh tanpa harus datang langsung ke PP-IPTEK. 

Aplikasi ini sebagai langkah awal dalam men-digitalisasikan PP-IPTEK menuju science center yang lebih modern dan mampu bersaing dengan science center kelas dunia lainnya. ***Jr/Won.

 

Editor: Sarwono.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jadwal Sholat

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, instagram dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah perlu adanya tindakan Lockdown di Indonesia untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19?
  Sangat Diperlukan
  Diperlukan
  Tidak Begitu Diperlukan
  Sangat Tidak Perlu