Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Elnusa Group Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

01 Jun 2024 Nasional
Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Elnusa Group Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Jakarta – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024,  yang berlangsung khidmat di Lapangan Graha Elnusa, Jakarta. Upacara ini dipimpin langsung oleh Direktur Utama Elnusa, Bachtiar Soeria Atmadja, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.  

Upacara yang dihadiri oleh jajaran Direksi, Manajemen, dan Perwira Elnusa Group ini diisi dengan pembacaan teks Pancasila yang dipimpin oleh Bachtiar Soeria Atmadja, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa untuk memohon keberkahan dan keselamatan bagi perusahaan juga bangsa Indonesia. 

Inspektur Upacara, Bachtiar Soeria Atmadja menyampaikan amanat upacara kepala badan pembinaan ideologi pancasila Republik Indonesia, Bachtiar menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, serta panduan moral dalam menjalankan setiap aktivitas perusahaan.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” kata Bachtiar.

Mengakhiri pidatonya, Bachtiar mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila.

 “Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkas Bachtiar.        ***(JR/Won).

 

Editor: Sarwono




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment