Pertamina Mandalika International Street Circuit, Angkat Pertumbuhan Ekonomi & Brand Image

07 Nov 2021 Ekonomi Bisnis
Pertamina Mandalika International Street Circuit, Angkat Pertumbuhan Ekonomi & Brand Image

Keterangan Gambar : Ilustrasi : Pertamina Mandalika International Street Circuit


Wujud nyata mengangkat pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata, khususnya  pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi),  salah satunya Mandalika Nusa Tenggara Barat, Pertamina bersinergi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mendukung pengembangan Sirkuit Internasional Mandalika.

Sinergi itu diawali dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right, untuk penyelenggaraan MotoGP 2022 di Indonesia,  oleh ITDC dan PT Pertamina (Persero), pada 07 Oktober 2021.

Penandatanganan Kerja Sama diteken oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, serta disaksikan Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

Dengan adanya PKS tersebut, Pertamina berhak menyertakan nama korporasi pada Jalan Kawasan Khusus (JKK)/street circuit (sirkuit jalan raya) The Mandalika , dengan jangka waktu sejak tanggal perjanjian hingga 31 Desember 2022. 

Penandatanganan PKS ini sekaligus  menandai secara resmi pemberian nama sirkuit sepanjang 4,31 KM yang dibangun oleh ITDC, menjadi “Pertamina Mandalika International Street Circuit”.

Selain penggunaan nama Pertamina sebagai bagian dari nama sirkuit, saat ini terdapat beberapa spot iconic yang dibangun menggunakan logo Pertamina atau logo Pertamina Mandalika International Street Circuit pada area sirkuit mandalika diantaranya; Circuit Name Monument Front Gate, Circuit Name Landmark (North, East, and West) dan 360 Hill Giant Signage (Turn 10, South Area).

Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, dukungan Pertamina dalam Mandalika Street Circuit dan MotoGP di Indonesia,   diharapkan dapat membawa angin segar untuk meningkatkan potensi pariwisata serta merupakan realisasi atas komitmen Pertamina maupun BUMN, untuk membawa International Motorsport ke Indonesia dengan harapan mampu membuka peluang dalam pengembangan bisnis pada skala global untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di masa mendatang.

“Semoga kehadiran Mandalika Street Circuit dan MotoGP dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian di Mandalika dan Indonesia sebagai bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional, sekaligus menjadi peluang penetrasi pasar global yang luas bagi perusahaan, produk-produk BUMN maupun UMKM,” kata Nicke.

Adapun Tujuan dukungan Pertamina terhadap Penyelenggaraan MotoGP di Indonesia yaitu untuk memperoleh global exposure,  untuk mendukung aspirasi Pertamina menjadi BUMN Go Global, dengan nilai pasar USD 100 juta di tahun 2024. 

Event balap MotoGP adalah event berskala global yang disiarkan di lebih dari 200 negara menjangkau 428 juta rumah tangga, dan 7 milyar penonton. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan penonton MotoGP terbesar. 

Sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN, Pertamina berpartisipasi sponsorship untuk sirkuit (Mandalika Circuit) dan juga event balap MotoGP di Mandalika yang akan diadakan pada tahun 2022. 

“Untuk hal ini kami yakin akan meningkatkan exposure brand Pertamina di tengah audience nasional dan internasional. Olahraga balap sendiri erat kaitannya dengan produk BBM dan pelumas Pertamina sehingga dapat dengan mudah membentuk asosiasi image positif MotoGP dengan brand Pertamina di benak audience," kata Dirut Nicke.

Menurut Nicke, dengan mendukung Mandalika Street Circuit dan MotoGP di Mandalika, Pertamina juga memperkuat nation branding sebagai negara yang resilient di tengah krisis pandemi global.

Lebih lanjut Nicke menuturkan, kerjasama sponsorship juga membuka potensi pengembangan bisnis B2B diantaranya yg sudah ditindaklanjuti yakni bitumen.

Nantinya produk lainnya seperti bahan bakar minyak dan elpiji, produk pelumas, serta pemanfaatan MyPertamina akan juga kita kembangkan. Selain itu peluang pengembangan energi baru terbarukan di Mandalika International Circuit juga terbuka

“Kehadiran Mandalika Street Circuit dan MotoGP diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia sebagai bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional, sekaligus menjadi peluang penetrasi pasar global yang luas bagi perusahaan dan produk-produk BUMN,” tutur Nicke.

Berbagai event internasional direncanakan akan diselenggarakan dengan menggunakan Mandalika Street Circuit diantaranya:

• Asian Talent Cup (12-14 November 2021)
• World Superbike Indonesia Round (19-21 November 2021)
• Pre Season Test (11-13 Februari 2022)
• MotoGP  Indonesian Grand Prix (tentative Maret tahun 2022) 

Melalui even-event tersebut,  Pertamina diharapkan dapat terekspose secara global dan dapat mendukung image Pertamina pada skala internasional sebagai BUMN yang bergerak pada bisnis energy.

“Sirkuit mandalika ini memiliki berbagai keunikan dan keindahan alam yang tidak ditemui di venue lainnya di seluruh dunia sehingga exposure Pertamina juga akan lebih maksimal sejalan dengan expose sirkuit mandalika itu sendiri,” kata Nicke. 

Selain sponsorship sirkuit, Pertamina sebelumnya telah menyalurkan bantuan modal bergulir kepada UMKM di Mandalika. Program-program ini bertujuan menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan, serta dukungan Pertamina dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals)

"Khususnya penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social and Governance) di seluruh wilayah operasional Pertamina,” pungkas Nicke.  ***JR/SAR.

 

Editor: Sarwono




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment