PT GMM Buka Kesempatan Putra Putri Halmahera Untuk Berkarier di Kampung Sendiri

15 Mei 2024 Nasional
PT GMM Buka Kesempatan Putra Putri Halmahera Untuk Berkarier di Kampung Sendiri

HALMAHERA SELATAN – Leksi (24) adalah seorang putra asli Desa Gane Dalam yang berprofesi sebagai petugas keamanan di PT Gelora Mandiri Membangun (PT GMM). Sudah lebih dari satu tahun terakhir, ia bergabung dengan perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit ini.

Sebelumnya, Leksi berprofesi sebagai Satpol PP di Kota Ternate selama empat tahun. Kepindahannya di kampung halaman membuat ia merasa bahagia karena bisa mencari nafkah tanpa harus terpisah jauh dengan sanak keluarga.

“Saya dulu kerja untuk pulang ke keluarga juga agak susah, karena harus lewat transportasi laut. Makanya tidak terlalu sering bertemu. Tapi sekarang saya kerja di sini Alhamdulillah sangat baik karena pertama kalau kita mau jenguk keluarga juga dekat. Pulang kerja kita bisa jenguk keluarga begitu,” ujarnya.

Menurut Leksi, sebelum PT GMM hadir di Halmahera Selatan, masyarakat sekitar banyak menggantungkan perekomiannya dengan hasil kebun pala, cengkeh dan kelapa yang harganya seringkali dimainkan oleh para tengkulak. Sementara generasi mudanya banyak yang meninggalkan rumah menuju ke kota-kota besar di sekitar Halmahera untuk bekerja.

“Orang lokal di sini kerjanya juga tidak perlu mengeluarkan uang, karena pekerjaannya sudah ada di sini. Artinya sudah agak lebih bagus, kami kerja tidak perlu keluar dari Halmahera lagi. Perlakuan perusahaan ke warga lokal yang lain semuanya baik-baik saja. Perlakuannya sangat baik,” terang Leksi.

Leksi hanyalah satu dari ratusan putra putri Halmahera dan sekitarnya yang terbantu karena hadirnya perusahaan. Di PT GMM para putra putri daerah ini dipercaya untuk menempati berbagai posisi dan jabatan di perusahaan sesuai dengan latar belakang pendidikan juga keterampilannya.

Keberadaan perusahaan diakui perangkat desa setempat telah membawa perubahan positif pada kehidupan masyarakat secara umum, tidak hanya karyawannya semata.

“Banyak manfaat yang kami dapatkan khususnya di desa sejak perusahaan berdiri. Dalam hal ini masyarakat dulu taraf ekonominya cenderung pas-pasan sekarang sudah membaik karena penerimaan karyawan. Selain itu ada akses jalan yang sudah dipersiapkan oleh perusahaan. Maka kami juga bersyukur dengan adanya perusahaan kami bisa sejahtera. Dengan adanya perusahaan, masyarakat bisa bekerja untuk menafkahi keluarga, rumah tangga masing-masing,” ungkap Ilyas Kadari, Kepala Desa Yamli.

PT Gelora Mandiri Membangun kini menjadi salah satu pilar penting penopang perekonomian masyarakat yang bermukim di sekitar Halmahera Selatan. Tak kurang dari 85% tenaga kerja yang diserap oleh perusahaan di antaranya merupakan putra putri daerah.

Lapangan pekerjaan yang tersedia telah memutar perkonomian di berbagai desa, khususnya di Halmahera Selatan. Masyarakat mampu menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan tak perlu khawatir akan pemenuhan kebutuhan pokoknya.      ***JR/Won.

 

Editor: Sarwono

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment