Ternyata Bukan Pagi Hari, Lihat Waktu Paling Baik untuk Minum Kopi

28 Mar 2021 KESEHATAN
Ternyata Bukan Pagi Hari, Lihat Waktu Paling Baik untuk Minum Kopi

Pagi-pagi asyiknya ngopi, itulah kesan mendalam tertanam dihati orang yg hobi minum kopi. Kopi memang sering menjadi alternatif minuman kala pagi hari.

Bagi sebagian orang pasti meminum kopi agar tetap segar dan tidak cepat mengantuk di tengah aktivitas. Atau bahkan dianggap jadi lebih berkonsentrasi saat bekerja.

Namun tahukah Anda,  di lihat di sudut medis minum kopi di pagi hari berdampak buruk untuk metabolisme tubuh.

Hal ini berdasarkan sejumlah alasan yang dikeluarkan oleh seorang ahli gizi asal Sydney, Australia, Lyndi Cohen.

Kopi bagus dikonsumsi saat produksi hormon kortisol rendah, sedangkan di pagi hari biasanya hormon tersebut berada pada puncak.

Jika tinggi hormon kortisol yang bertabrakan dengan kafein, akan ada fungsi ganda antara kafein dan kortisol dalam tubuh.

Meskipun begitu, pecinta kopi tetap bisa menikmati kopi dipagi hari pada waktu-waktu tertentu.

Malahan, di waktu ini kopi tidak hanya membuat melek, tapi juga punya manfaat kesehatan lain seperti membakar lemak.

Jika ingin ngopi, pilihlah waktu ketika hormon kortisol sedang turun

Dikutip dari laman Bright Side, simak dua waktu terbaik untuk minum kopi di pagi hari. Yaitu, Pertengahan Pagi Pukul 09.30 - 11.30

Secara umum ada tiga waktu hormon kortisol saat mencapai puncak, yakni pada pukul 8.00 - 9.00, pukul 12.00 - 13.00, dan pukul 18.00 - 19.00.

Sebaiknya anda harus menahan diri untuk meminum kopi setelah bangun tidur.

Ada baiknya mengonsumsi kopi pada pukul 09.30 hingga 11.30.

Karena pada waktu tersebut kadar hormon kortisol dalam tubuh sedang menurun.

Sehingga pada jam-jam tersebut kafein akan bekerja maksimal dengan meningkatkan konsentrasi.

Selain itu kopi juga punya baik diminum sebelum melakukan aktivitas tertentu. Berikut pembahasannya:

Minum Kopi Sebelum Olahraga

Lyndi juga mengatakan, minum kopi sebelum olahraga juga memiliki manfaat yang baik.

Sudah ada banyak studi atau penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh kopi terhadap performa saat berolahraga.

Sebaiknya mengonsumsi kopi minimal 30 menit sebelum memulai olahraga agar hasilnya lebih maksimal.

Studi juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme hingga 3 - 11 persen dan untuk membantu membakar lemak.

Nah..mulai sekarang, yuuk biasakan minum kopi di waktu yang tepat agar manfaatnya bisa terasa.

Dan jangan lupa mengingatkan orang terdekat mengenai jam baik meminum kopi, dan lebih baiknya lagi mengajak  kerabat ngopi bersama, agar  ngopi lebih bermakna.  ***Jr/Won.

 

Editor: Sarwono.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment