Warga Mengeluh, Kepala Desa Golo Leda Lakukan Pungutan Liar BLT-DD

07 Apr 2021 DAERAH
Warga Mengeluh, Kepala Desa Golo Leda Lakukan Pungutan Liar BLT-DD

Manggarai Timur - Kepala Desa Golo Leda, Kec. Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Martinus Jenama, diinformasikan melakukan pungutan liar uang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). 

Kasus ini dilaporkan oleh salah seorang masyarakat Desa Golo Lada, Heribertus Vilan (26), kepada media ini. Menurut Berto, Kepala Desa melakukan pemotongan bantuan sebesar Rp. 650.000 per KPM.

"Kami heran dengan adanya pemotongan dana Covid-19 (BLT-DD) oleh kepala desa Golo Leda. Tahun 2020, dari bulan Juli sampai bulan Desember, uang Covid dipotong sebesar Rp. 650.000 per KPM. Sedangkan yang terima itu ada 159 KK", kata Berto melalui pesan singkat.

Untuk diketahui, jumlah KPM BLT-DD Desa Golo Lada, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur adalah 159 KK. Sehingga total uang yang di potong adalah sebesar Rp. 103.350.000.

Selain itu, berdasarkan laporan salah seorang warga yang tak ingin disebutkan namanya, Martinus Jenama juga meminta uang administrasi sebesar Rp. 100.000,00 per KK yang ingin menerima bantuan yang bersumber dari dana desa tersebut.

"Kami merasa ada yang ganjal dengan dana Covid ini (BLT-DD). Masa harus membayar dulu untuk menerima bantuan dari pemerintah? Kami mohon bantuan media untuk angkat kasus ini", ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Desa Golo Leda belum berhasil dikonfirmasi terkait laporan tersebut. ***JR/Drw/Koresponden NTT.

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Ferdy 07 Apr 2021, 15:29:44 WIB

    Yth Jurnal Rakyat.Id, saya mau tanya apakah sebelum memuat berita ini sudah meminta konfirmasi ke yang bersangkutan dalam hal ini kepala desa golo leda, karena saya menyimak beritanya tidak memuat pernyataan dari kepala desanya, supaya beritanya seimbang dan tidak merugikan salah satu pihak.

    Yth, mas Ferdy,

    Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.
    Terkait berita yang dimuat kami bersikap netral, tentunya kami sudah konfirmasi dari kedua pihak. Tapi memang dari pihak Kepala Desa Golo Leda belum ada jawaban. Tuk berita berikutnya kami akan berikan hak jawab dari Kepala Desa Golo Leda.
    Terima Kasih,

    RedaksiJurnal Rakyat.

    Ferdy 07 Apr 2021, 15:49:55 WIB

    Dana untuk KPM Rp.300 Ribu Perbulan, selama 6 bulan di desa golo leda, Total yang diterimah Rp.1.800.000, berati yang diterima KPM hanya 1.050.000. apa benar seperti itu,


    Terima kasih mas Ferdy atas komentarnya,
    Terkait jumlah dana KPM yang diterima, masih simpang siur, karena ini yang tahu kepala desa (Kepala Desa tidak mau berkomentar). Tuk berita selanjutnya...kami akan sampaikan dari sumber Kepala Desa Golo Leda.

View all comments

Write a comment